Dalam memberi nama Skill atau Item (termasuk equip).. kita dapat menggunakan metode
* penamaan normal.. RPG Jadul biasa menggunakannya.
* penamaan Epic. biasa digunakan game Amerika, tetapi game Jepang kadang memakainya, tetapi belakangan tipe ini digunakan.
* penamaan leveling.
yang termudah tentu saja penamaan leveling. Karena senjata biasa diberi nama tambahan berupa angka atau +. misal pedang , pedang +1, pedang +2 dan seterusnya. Namun cara ini kurang disukai karena terasa bahwa pedang cuma 1 (padahal memang 1)
Penamaan Normal
penamaan normal disini adalah penamaan berdasarkan bahan yang digunakan.. misal Steel, Silver?, Alumen (anggap batuan yang kuat) dan seterusnya. Dimana setelahnya diberi tipe senjatanya seperti pedang.
Dalam bahasa Indonesia, penamaannya cukup rapi karena diawali dengan menunjukkan senjata apa tersebut kemudian baru bahannya. Tetapi terbalik bila di AMerika, karena bahannya dahulu baru pedangnya.
Sebelum membuat nama dengan metode ini, kita harus mengawali dengan memikirkan bahan apa saja yang akan digunakan.. dan ingat bukan benda yang langka (contoh Gold.. dgn asumsi Gold mahal dan langka )
list semua bahan kemudian barulah di buat list senjata dan itemnya.
Penamaan Epic
untuk memakai sistem ini gampang-gampang susah.. tetapi banyak mudahnya lho!!
pertama seh memulai dari memikirkan ada berapa level senjata kamu.. level disini adalah perhitungan senjata tipe Lance ada berapa jenis, pedang ada berapa jenis dan seterusnya.
Kemudian kita susun dari yang terendah hingga tertinggi.. dari pengaturan ini barulah kita mencari dalam mitologi, cerita heroik dan sebagainya sebagai referensi kita dalam memberi nama pedang (contoh)
lalu susun agar nama itu sesuai levelnya.. tentu namanya tidak akan rata levelnya.. dalam hal ini kita memberi nama pedang awal adalah pedang ksatria tanpa nama (unnamed), lalu pedang berikutnya bernama pedang archiles, kemudian pedang hercules...
dalam hal ini yang tidak rata levelnya adalah tidak sama peningkatan level dari pedang 1,2 dan 3
Hindarilah tidak memberikan nama yang timpang.. dalam hal ini pedang hercules ternyata lebih lemah daripada pedang ksatria tanpa nama.
saran ini lebih ditujukan kepada pemberian nama.. bila ternyata didalamnya memiliki efek tetapi daya serang/pertahanannya kurang.. akan dibahas di reply berikutnya
untuk game2 RPG saat ini lebih memanfaatkan penamaan epic.. walau masih ada yang memanfaatkan tehnik lain (sebelumnya)..
bila diatas lebih kepada di equipment.. berikut ini tambahan tips untuk item,
Gunakan nama yang umum
ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang bagaimana membuat item (nama).. yaitu nama yang diberikan lebih baik nama yang umum dan di kenal. Memang beberapa game seperti tales memakai Gel, Apple atau lainnya untuk melakukan Heal..
nama umum juga mempermudah pemain yang biasa tidak terlalu suka membaca keterangan item
seminimal mungkin jangan ada angka.. kesannya agak kurang bagus menurutku. Dibandingkan memakai angka, manfaatkan kata2 yang menunjukkan posisi atau tingkatan si item. Tetapi berbeda dengan Equip yang dapat digunakan pada tipe equipment (head), sebisa mungkin jangan melakukan hal tersebut disini. misal ada item Diana Potion, Diana Ether?!?
keduanya akan membingungkan pemain..
Nama Heroic
untuk item yang menyembuhkan atau item yang memberikan kemampuan positif.. berikan nama yang bersifat Hero.. misal Hero Drink , Hercules Power (buat bikin kamu memukul dgn damage 2x lipat).
saran: untuk item yang menyembuhkan status Toad.. berikan aja nama Ximena Kiss (miss universe 2010)
Nama yang menakutkan
item tidak selalu positif.. ada yang negatif misal melempar granat, melempar status buruk pada musuh.. hingga melempar musuh ke dunia lain (worm hole)
0 komentar:
Posting Komentar