Kita mengenal banyak game dalam kehidupan kita. Salah satu game yang mungkin kita kenal adalah game mini.. Game mini ini dulu adalah game ukuran kecil (mini).. tetapi sesuai dengan perkambangan jaman.. malah jadi membesar dalam hal ukuran..
dulu yg ukurannya hanya 300kb (rata-rata).. malah membesar dan membesar hingga mencapai puluhan mega.. bahkan ada yang mencapai 100mb..
Sesuai namanya mini game.. game ini berputar sekitar game kecil yang memiliki satu fungsi dan hanya satu fitur yang dimiliki..
game mini biasanya dibuat memiliki 1 awalan dan 1 akhir. kita ambil contoh Zuma..
awalannya adalah banyaknya permata(batu-batu) yang harus di kurangi.. dan akhirnya adaah permata tersebut berhasil di kurangi...
tetapi dalam perjalanan ternyata tidak mudah.. untuk sebab itu dibutuhkan bantuan atau fitur pembantu. Baik fitur langsung maupun tak langsung..
Game mini ini memang tidak besar dan kompleks seperti game-game FPS, RPG atau MMO.
Beberapa game Mini berasal dari sesuatu yang sehari-hari kita lihat atau rasakan.
Membuat game mini dapat memakai Flash atau engine seperti game maker maupun IGMaker. Dalam hal ini memakai engine sangat disarankan karena disana sudah tersedia apa yang kita butuhkan (sebagian).. walau beberapa harus bikin sendiri
MEMBUAT KONSEP
saya memakai konsep SDLC yaitu Softare Development Life Cycle
- Project planning, feasibility study: Establishes a high-level view of the intended project and determines its goals.
- Systems analysis, requirements definition: Refines project goals into defined functions and operation of the intended application. Analyzes end-user information needs.
- Systems design: Describes desired features and operations in detail, including screen layouts, business rules, process diagrams, pseudocode and other documentation.
- Implementation: The real code is written here.
- Integration and testing: Brings all the pieces together into a special testing environment, then checks for errors, bugs and interoperability.
- Acceptance, installation, deployment: The final stage of initial development, where the software is put into production and runs actual business.
- Maintenance: What happens during the rest of the software's life: changes, correction, additions, moves to a different computing platform and more. This, the least glamorous and perhaps most important step of all, goes on seemingly forever.
Untuk memulai game mini, kita memulai dari konsep. Berbeda dengan konsep dalam membuat game RPG. Kita memulai dari hal yang sederhana untuk konsepnya yaitu konsep sehari-hari.
Ada beberapa game yang bukan sesuatu yang sehari-hari, tetapi untuk menyingkat mari skip dahulu.hal-hal rumit dan menuju ke arah game yang kita kehendaki. dalam tulisan ini kuangkat tentang membuat game rpg. Langkah2 dalam membuat game RPG yang baik.
- membuat garis besar cerita.
Garis besar cerita disini adalah cerita yang tidak penuh tetapi memiliki basic-basic yang tidak terlihat jelas. Disini karakter utama di spesifikasikan tetapi tidak mendetail, jalan cerita bukanlah jalan cerita yang jelas awal dan akhirnya. Tetapi lebih kepada cerita yang hanya jelas ini adalah cerita yang bertipe RPG. bahasa lainnya membuat Plot.tetapi dalam hal ini plot yang lebih besar. - Melakukan detail pada konsep cerita dan karakter.
Didalam tahap ini, kita memulai dengan memberikan isi yang lebih detail dalam hal cerita, walau tidak terlihat detail saat ini tetapi konsep yang anda miliki sudah cukup untuk membuat game rpg walau hanya episode 1 dari 6 episode yang ingin anda buat. Dalam proses berikutnya kamu coba tambahkan isinya. - mempelajari sistem yang ada.
Perlu diketahui, ada banyak sistem yang ingin kita pakai seperti ABS (action), SBS (Side) dan Mouse. Lalu ada lagi sistem tampilan HP, menu dan lain-lain. Disini kita perlu memilah mana yang sesuai dengan keperluan dan keinginan kita. Utamakan sesuai kebutuhan dibandingkan dengan keinginan - memilih sistem yang sesuai. seperti kata sebelumnya. utamakan sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan.
- Cari team.
Kerja sendiri ngak asik.. tetapi kerja berdua lebih baik. Kalau bisa cari yang deket rumah. - Membuat event-event atau plot2 kecil yang berhubungan ama game kamu.
kalau mau digambarkan dalam novel, membuat sub-bab dari episode yang kamu bikin ini. Sebisa mungkin sub mendukung cerita.. walau ada yg tak tampak mendukung, tetapi buat sub yang membantu karakter kamu berevolusi - menggabungkan yang dimiliki.
Semua proses dari sistem, event, dan plot digabung jadi satu game penuh. Kemudian dibuat juga tambahan-tambahan lainnya sebagai pendukung. tahap ini biasa disebut implementasi. Sebenarnya tahap ini ada yang lebih kecil lagi.. tetapi secara garis besarnya membuat game jadi - Testing.
Game harus di testing. dalam proses sebelumnya kamu melakukan testing selama bermain, sekarang lakukan testing dengan orang/user yang non-team. - Final.
Hal ini adalah menunjukkan hasil game kamu keluar.
0 komentar:
Posting Komentar