shoutmix

07 September 2012

Class memiliki metode dan properties

Setiap objek memiliki nama berbeda walau bentuknya sama. Tidak hanya nama, karakteristik dan tampilannya juga berbeda. Dalam Class ini dikenal sebagai properties seperti kelamin, berat badan, dan lain-lain. Dengan adanya karateristik berbeda, berarti kemampuannya juga berbeda. Beberapa properties dalam class biasanya sudah tersedia, tetapi beberapa tidak.

Bila kita perhatikan, terlihat bahwa walau namanya sama (contoh Saber diatas), kemampuannya berbeda. Dengan kemampuan berbeda, metode dia melakukan aksi ada kemungkinan berbeda. Di dalam kelas dikenal sebuah metode, dimana metode itu terdiri dari:
  • berjalan
  • makan 
  • minum
  • dan lain-lain.
Metode atau caranya terkadang berbeda. Untuk mudahnya ada yang berjalan cepat, lambat atau menengah. Cepat atau lambat ini dikenal sebagai parameter. Parameter tidak selalu satu, kadang lebih.

Metode dalam programing mirip seperti fungsi, namun bedanya merupakan bagian / sub dari kelas. Dimana kita untuk memakai harus memilih kelasnya kemudian menjalakan fungsinya. Seperti namanya fungsi, terkadang fungsi dapat diturunkan dari class yang lain. Anggap saja kelas manusia menurunkan pada class laki-laki.

Kelas biasa dibuat dan saling menurunkan dari yang besar menuju yang kecil. Dari pusat menuju pokoknya. penurunan ini biasa disebut Encaptulasi. Kadang memakai class setelah menurunkan belum tentu terjawab semua. Kadang malah fungsinya tidak dapat digunakan!! Hal itu wajar karena beberapa class tidak bisa langsung diturunkan karena adanya keamanan class itu seperti private.

Private adalah tipe class/objek yang tidak bisa di baca.menurunkan lalu memakai fungsi yang private tidak akan memberi masukan. Ada tipe data lainnya, data yang umum adalah public walaupun secara otomatis tidak akan menyulitkan bila di transfer (di turunkan)

Di beberapa model pemrograman dengan class adalah sesuatu yang umum, tanpa membiasakan penulisan beberapa class agar sesuatu dengan program. Sebelumnya ada 1 hal lagi yang wajib diketahui,. Class juga dapat dipanggil secara langsung tanpa inisiasi seperti
KELASKU::stop
hasilnya tetap sama seperti yang lain.  Demikian dari saya tentang inflasi, semoga tidak tenggelam data2 ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger