shoutmix

10 Februari 2010

Dragon Quest 6 NDS

Dragon Quest 6 muncul pertama kali di SNES.. dan kemudian hadir di NDS beberapa bulan yang lalu. Saya sendiri baru memainkannya sekitar beberapa menit dan cukup terkesan dengan tampilan dan perkembangan yang terjadi di game ini
Cerita berawal dari karakter yang kita kendalikan bersiap untuk menyerang sebuah kerajaan yang dihuni oleh raja setan. Tetapi semua itu cuma mimpi dan membawa kita ke dunia nyata dimana kita sendiri sedang tertidur dan dibangunkan dengan guncangan yang keras.

Dragon Quest disingkat DQ dibuat oleh Yuji Horii yang membuat versi manganya. Desain karakterya adalah Toriyama (Dragon Ball). Walaupun di majalah Jump kedua manga ini bersebelahan (halamannya).. tetapi Toriyama membantu mendesain karakter di gamenya (tidak membantu di manga).
Dragon Quest (ドラゴンクエスト?), published as Dragon Warrior in North America until 2005, is a series of internationally best-sellingconsole role-playing game (RPG) titles created by Yūji Horii and his studio, Armor Project, and published by Square Enix. The series has significantly impacted the development of console RPGs, and introduced a number of innovations. Installments of the series have appeared on MSX computers, and the Nintendo Entertainment System (NES), Super Nintendo Entertainment System (SNES), Game Boy Color(GBC), Game Boy Advance (GBA), Nintendo DSPlayStation (PS1), PlayStation 2 (PS2) and Wii video game consoles, as well as on several models of mobile phone. Nearly every game in the main series has also had an anime and manga adaptation of it. Every Dragon Quest video game soundtrack has been arranged into an orchestral piece; notably, the series includes the first video game soundtrack ever to be so adapted.
Game ini bisa dikatakan Final Fantasy Killer, tetapi sayang kemunculannya yang lambat dan respon pada pasar yang kurang. hampir tidak ada yang mengenal DQ. tetapi ketika game ini keluar di pasaran, semua penggemarnya mengantri. Seperti mereka menantikan game Final Fantasy. Seperti layaknya FF VII, DQ VII keluar pada PS. Walau terlambat dan respon pasar kurang bergairah kepada DQ mengingat FF sudah menginjak (hampir) FF 9 saat itu.

Seperti halnya FF VI yang merupakan game terakhir di SNES. DQ 6 juga adalah game terakhir di SNES. Tetapi seperti halnya FF VI yang di port pada GBA.. DQ 6 tidak di port ke GBA tetapi langsung menuju NDS. Padahal FF terakhir di NDS adalah FFIV dan FFV belum ada kabar untuk keluar di NDS?

Bagi penggemar FF Series akan bingung dengan cara karakter di DQ bertempur. Karena mereka (para hero) memperlihatkan musuhnya tetapi tidak jagoannya? Bahkan DQ adalah game Port pertama ke PS2 sebelum FF. Walaupun FF sendiri memport FF7 (lanjutan) di PS2 tetapi bukan Port dari game original melainkan game lanjutannya.

Pada awalnya FF berusaha mengekor dari DQ tetapi karena FF lebih cepat dan lebih dinamis, mereka mampu menghasilkan banyak versi game FF (termasuk chocobo) dibandingkan DQ. Pada dasarnya baik Square dan Enix saling bersaing, tetapi pasar tetap membuktikan bahwa Square yang menghasilkan banyak RPG berjudul FF yang menang dan DQ yang hadir terlambat hanya bisa gigit jari. Walau begitu tidak ada musuh abadi sampai Square menggabungkan Enix. Akhirnya setelah menggabungkan kedua perusahaan menjadi SE (Square Enix).. Persaingan mereka terhenti. Walau begitu penggemar DQ dan FF sangat menantikan apabila FF di merge dengan DQ seperti halnya perusahaan mereka.
Like the other Dragon Quest games in the series, the setting of Dragon Quest VI is very medieval, complete with castles, knights, and magic.[7] The main world is divided into the "Real World" and the "Dream World", each with a separate, but similar map. To get from one world to the other, the party uses special warps (such as in wells), by ascending/descending stairs on the world map or falling through holes in the "Dream World" to the "Real World".
If something cannot be found in the "Real World", it may appear in the "Dream World", such as with Miralgo's Tower, in the middle of the quest. Also, another similarity to much of the series is the "Dark World". This separate map features a dark island with a psychedelic sea surrounding it and some of the toughest monsters in the game. The final boss, Deathtamoor, lives there.[14] Also, once Deathtamoor is defeated, the player can access the bonus dungeon and the secret final boss, Dark Dream.
Konsep yang ditawarkan pada DQ 6 merupakan tema orisinil pada masanya yaitu tema apapun yang km kerjakan disini akan berakibat pada tempat lain. Tetapi mengingat keterbatasan space dan waktu, jadi tema ini agak kurang dikembangkan secara optimal. Sebenarnya tema ini sudah di angkat walau dalam bentuk berbeda pada game seperti CT atau Chrono Trigger yang merupakan buatan Toriyama (hurayy)..
tetapi sesuai perkembangan jaman apalagi space makin besar (dari yg sebelumnya kaset), maka tema ini juga digunakan pada game2 lain.

adanya 2 dunia berbeda dalam 1 dunia juga menarik. Apalagi bonus dari game remake ini biasanya memanfaatkan dunia berbeda untuk memberikan tantangan yang lebih dasyat, bila sebelumnya kita dengan mudah mengalahkan rajanya (maaf bila ternyata anda kesulitan melawannya) di versi NDS hal tersebut dipersulit tetapi bukan berarti tidak ada yang dipermudah dalam game itu.

Game ini memiliki kelebihan dalam memanfaatkan layar di atas. dan saya juga terkejut mengetahui bahwa cara mainnya dengan memakai layar dibawah bukan di atas. dan tak hanya mengendalikan jagoan memakai tombol arah, kita bisa memakai Stylus untuk menggerakkan dengan menyentuh arah mana yg akan di tuju. Walaupun perulangan (remake), beberapa dari yang nostalia DQ 6 menunggu versi Inggris dari game ini
walaupun sya juga salah satu dari mereka XDD.. 

source:
WIkipedia

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger