shoutmix

12 Juli 2012

SAM KOK – Episode 1: "Pertemuan Tiga Pria"

Kehidupan berjalan bagaikan aliran sungai besar; jika dipisah, alirannya akan bertemu. Sebaliknya, jika disatukan, alirannya akan terbagi.




Empat ratus tahun yang lalu sejak Gao Zu Liu Bang menyatukan negara, para pejabat pemerintahan yang licik telah bersatu dan menyalahgunakan wewenangnya. Sementara itu, para pahlawan dari seluruh negeri bersatu untuk membasmi pasukan pemberontak Serban Kuning (yang dipimpin Zhang Jiao dan kedua adiknya, Zhang Liang dan Zhang Bao) dan nyala api peperangan berkobar di setiap pelosok daerah. Antara Bumi dan langit, muncullah pahlawan tanpa nama. Namun mampukah mereka menetramkan dunia yang kacau dan menyelamatkan rakyat dari penderitaan?



Liu Bei, pria cerdas dan berhati lembut; Zhang Fei, pria terkuat yang mudah marah; dan Guan Yu, pria yang berkepribadian teguh dan pintar bela diri, bertemu di kota Zhuo dan mengangkat sumpah sebagai saudara. Mereka bertekad untuk meredakan aksi pemberontak yang mengancam Negara dan mempertaruhkan nyawa mereka di medan perang. Tiga bersaudara meraih kemenangan. Jasa-jasa yang mereka tanamkan tidak terhitung.



Sayangnya, hanya karena tidak mempunyai jabatan resmi dan bertindak semata-mata berdasarkan kebenaran, keberhasilan Liu Bei tidak diakui oleh siapa pun. Setelah ia kembali dari medan perang, yang diterimanya hanyalah ejekan dan hinaan.




Bahkan Dong Zhuo, orang yang pernah mereka selamatkan di medan perang, juga menghinanya. Zhang Fei yang tidak bisa menerima sikap kasar Dong Zhuo, menjadi marah besar dan segera mengeluarkan pedangnya. Tapi, Zhang Fei bisa menahan diri setelah mendengar teguran keras Liu Bei. Ia melampiaskan kemarahannya dengan memukul tanah dan hanya bisa mengeluh.

Setelah pertempuran panjang, akhirnya pasukan pemberontak Serban Kuning bertekuk lutut. Zhang Jiao meninggal karena mederita suatu penyakit selama peperangan berlangsung. Semua orang yang berjasa meraih kemenangan, mendapatkan jabatan baru yang lebih tinggi. Bahkan Dong Zhuo yang tidak berjasa sekalipun mendapatkan jabatan tinggi sebagai gubernur provinsi setelah ia menyuap para kasim. Akan tetapi Liu Bei hanya diberikan jabatan kecil sebagai pegawai pengadilan di sebuah desa terpencil bernama Anxi. Suatu hari, seorang inspektur datang ke Anxi dan meminta uang suap kepada Liu Bei. Zhang Fei, yang masih meredam kemarahan, mengikat Inspektur di tiang pancang. Ia mencambukinya dengan ranting pohon willow. Karena tidak ada pilihan lain, begitu gubernur Ding Zhou mengetahui apa yang terjadi, tiga bersaudara itu segera meninggalkan Anxi sebagai buronan.




Waktu berlalu, pada musim panas tahun 6 (189 M), Kaisar meninggal dunia dan putra mahkota yang masih di bawah umur, naik takhta. Jenderal tertinggi He Jin dan para kasim memperebutkan kekuasaan dengan pertumpahan darah. He Jin berencana mengumpulkan pasukan dari berbagai daerah untuk menyingkirkan para kasim.

 Cao Cao mencegahnya, tapi He Jin tidak peduli. Salah satu pasukan yang bergabung adalah pasukan yang dipimpin oleh Dong Zhuo. Ia sangat berbahaya. Seakan tak mau kehilangan kesempatan emas, Dong Zhuo bergegas menuju Luoyang bersama 200.000 tentaranya. Selama pertikaian, He Jin dan para kasim terbunuh oleh pedang masing-masing. Akhirnya kekuasaan jatuh ke dalam genggaman Dong Zhuo.


Ketika Dong Zhuo, tanpa berpikir panjang, mengutarakan niatnya untuk menyingkirkan Kaisar, Ding Yuan menentang secara terang-terangan. Ding Yuan didampingi oleh seorang pria hebat bernama Lu Bu. Dong Zhuo sangat terpesona dengan kehebatan Lu Bu. Ia berharap Lu Bu berada di pihaknya. Dong Zhuo mengalami kekalahan besar dalam perang melawan Ding Yuan.

Untuk memenangi hati Lu Bu, Dong Zhuo menghadiahi kuda Red Hare kesayangannya dan harta berlimpah melalui perantaraan teman sekampung Lu Bu, yaitu Li Su. Ia membujuk Lu Bu agar mau membunuh Ding Yuan, ayah angkatnya sendiri. Akhirnya Lu Bu tergoda oleh keserakahan dan membunuh ayahnya dengan tangannya sendiri.

Bagaimana cerita selanjutnya? Apakah Dong Zhuo yang sudah memiliki Lu Bu, dapat menguasai pemerintahan? Apa yang dilakukan oleh Liu Bei dan kedua saudaranya selama menjadi buronan? Mari kita baca kisah menarik selanjutnya di Sam Kok episode 2, di mana Cao Cao menyelinap masuk ke kediaman Dong Zhuo dengan sebilah pisau di tangannya.

Sumber: Sam Kok karya Kim Woo Il

Diketik oleh: Jezz

sumber:

https://www.facebook.com

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger