shoutmix

12 September 2012

pemakaian temp

ane dah coba pake table temp , jadi alur yg ane buat.

form pertama : keterangan , no_pengadaan (auto) & unit/bagian yg pesan barang. trus ane post ke tabel pengadaan n redirect ke form kedua.misalkan ketereangan: tes, no_pengadaan : 01 , unit : bagian keuangan

form kedua : pilih barang & jml pesanan, trus ane post ke table temp. misalkan brg yg di pilih : brg A pesanan 10, barang B pesanan 20 & brg C pesanan 30.

langkah berikut nya ane bingung gan hrus gmn?

ane maunya hasil akhir = di tabel pengadaan ada record pengadaan barang :
no_pengadaan | keterangan | unit | barang | pesanan |

01 | tes | B.Keuangan | brg A | 10
01 | tes | B.Keuangan | brg B | 20
01 | tes | B.Keuangan | brg C | 30

mohon pencerahan.. :)

Jawaban

Biar kujawab
form kedua : pilih barang & jml pesanan, trus ane post ke table temp. misalkan brg yg di pilih : brg A pesanan 10, barang B pesanan 20 & brg C pesanan 30.
sebenarnya di form ini, kamu meletakkan pesanannya (sebelum masuk ke table persediaan) di temp..
jadi saat ini kamu sudah punya konsep pemakaian temp.. Namun.. kamu harus ingat.. bahwa temp ini hrs punya sesuatu yang unik.. karena namanya temp nanti hrs kamu hapus..

anggap aja bentuk temp mirip
no_pengadaan | keterangan | unit | barang | pesanan |
tetapi ini saja belum cukup krn ada kalanya kamu salah input khan? yg salah input nantinya dihapus.. maka kamu harus kasi stat.. selain stat agar nanti bisa mudah di edit.. berikan no unik.. maka hasil terbarunya.
Tetapi kalau bentuknya seperti diatas nanti akan rancu.. jadi ada bagusnya kita persingkat.. dalam hal ini terlihat bahwa keterangan, unit dan barang sebenarnya adalah 1 table.. dan itu berhubungan ama id_unit.. jadi kita hapus ketiganya dan ganti jadi id_unit
no_unik(auto) | no_pengadaan | id_unit | pesanan | Stat (standarnya 1)
langkah berikut nya ane bingung gan hrus gmn?

ane maunya hasil akhir = di tabel pengadaan ada record pengadaan barang :
posting yg statusnya 1 (0 artinya dihapus).
jadi copy yang punya status = 1 ke table persediaan.. BERHASIL?? tentu tidak.. pertama convert id_unit dari table barang/unit hingga jadi bentuk dibawah.. kemudian kita posting..
maksudnya jika id_unit=1 maka kita akan dapat
  • keterangan=tes
  • unit= b. keuangan
  • barang= barang A
setelah convert semua maka kita akan dapet
01 | tes | B.Keuangan | brg A | 10
   01 | tes | B.Keuangan | brg B | 20
   01 | tes | B.Keuangan | brg C | 30
tapi ada baiknya kamu kasi no unik di depannya.. (depan no_pengadaan)!! tapi ini belum kelar!! hapus di table temp semua yang memiliki no_pengadaan=1 maka temp akan bersih..

demikian penggunaan temp

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger