shoutmix

12 Februari 2010

Batman : Gotham Knight 2008

Film Batman selalu didomanasi dengan kekerasan, cerita dimana ada musuh (jahat) yang menyerang kota, lalu Batman datang menolong dan cerita selesai. terkadang diberi bumbu-bumbu yang menyentuh dan rumit.. Seperti ternyata Batman terlalu gegabah sehingga terluka. Atau batman cekcok dengan pasangannya (Robin) atau Polisi dalam menangani musuh.

beberapa film batman atau melibatkannya (Kartun):

  1. Batman: Mask of the Phantasm. balas dendam tidak pernah akan membawamu kedalam ketenangan
  2. Batman : Mr. Freeze: SubZero. Kisah manis seorang penjahat yang menjadi jahat untuk istrinya tetapi bagaimanapun juga kejahatan tidak pernah menghasilkan kebaikan.
  3. The Batman/Superman Movie. Dimana Batman Harus melawan Superman yang tiba2 menjadi edan eh berbahaya
  4. Batman Beyond: Return of the Joker. Di masa depan, Batman yang merasa Joker telah hilang harus melawan Joker kembali
  5. Batman: Mistery of Batwoman
  6. Gotham Knight. Silakan baca disini
  7. Batman/Superman: Public Enemy. Tuduhan kepada Superman membawa Batman ikut2an bersalah!?
  8. Justice League: New Frontier
sumber: Batman Wikia

dan satu Film Justice League yang mengikuti Tie in yang lagi hot saat ini yaitu tema Crisis. Dari semua Film yang dibuat dengan format Cartoon, Gotham Knight yang ku anggap bagus. Film ini dibuat oleh tangan orang Jepang (dengan arahan orang Amerika seh tetapi Jepang mendominasi). Kisahnya lepas dengan 6 cerita.



But rather than being just another animated Bat-film, Gotham Knight is actually an anthology of six short films, all presented with different styles of animation.
sumber: grayflannelsuit
6 film tersebut tidak langsung berhubungan dengan cerita lainnya. beberapa lebih seperti prolog dari cerita berikutnya. Bahkan ada yang bersifat Independence/mandiri. Nama2 besar seperti studio IG juga bermain disini, membuat ini bukan film sembarangan.

Fondasi cerita Batman ini berasal dari Movie layar lebar yaitu the Dark Knight
Itu saya lho!!

Yeah.. Right
Batman bukanlah manusia?, itu adalah tema yang ingin ditunjukkan dari salah satu episode Gotham Knight ini. Dia adalah manusia yang ditempa dalam kegelapan dan dalam pencarian siapa dia sebenarnya. 6 episode ini cukup menjelaskan siapa Batman sebenarnya bahkan dengan adanya kisah pertama yang mengatakan Batman adalah SILUMAN. Tentu saja kita tak bisa menyamaratakan semua episode, karena masing2 episode dibuat dari pandangan yang berbeda. Ada pandangan dari anak kecil (yang menjadi saksi tak langsung), polisi yang membenci Batman, Pandangan Batman yang kesakitan, Pandangan Batman yang agak naif, dan Pandangan lainnya.

Walaupun tema disini menunjukkan bahwa Batman adalah manusia seperti hal yang dia tolong, tetapi beberapa adegan menunjukkan dia bukan manusia, dalam satu kisah disini menunjukkan perubahan dari seorang manusia biasa (yang kehilangan orang tuanya) menjadi seseorang/mahluk yang ingin membalas dendam dan berusaha menghilangkan sakit akibat kehilangan tersebut.

Penonton akan menyadari bahwa Batman adalah orang yang memakai topeng, giliran melepas topengnya dia juga menjadi manusia.. Bukan seperti saat dia bertopeng. Tetapi disaat dia memakai topeng sekalipun, kesalahan seperti halnya manusia juga terjadi padanya, termasuk perasaan sebagai manusia tergambar juga disaat dia harus memutuskan menolong detektif yang turun bersamanya mencari 'Scarecrow'..

Kisah ini mengawali dari kisah Dark Knight dengan pandangan yang berbeda. Bagi anda yang sudah menonton Dark Knight.. saksikan Batman dalam kelahirannya

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger