shoutmix

16 Februari 2010

Sand of Destruction


Kesan yang pertama kurasakan dalam game ini adalah..
Xenogear? Mungkin karena beberapa orang di Mp membahas ingin melakukan cosplay Xenogears (robotnya!?!) game ini dimulai dengan hal-hal sulit seperti politik dimana ada perbedaan keinginan dari beberapa pihak yang untuk pemula/pemain pemula sepertiku agak sulit memahami jalan cerita


kisah lengkap dan akan kita pahami apabila kita dapat menyelesaikan gamenya atau setidaknya membaca infonya lebih lengkap dari website game. Game ini tidak memberikan sesuatu yang sulit, hanya sebuah game yang memiliki cerita agak sulit dengan pengaturan tombol/kendali yang membingungkan?!?

The story revolves around a young man, Kyrie, who possesses the power to destroy the world, though he does not know why. The female lead is Morte, the leader of a group that is trying to destroy the world.

sumber: Wikipedia
Kyre tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki kekuatan yang dapat menghancurkan dunia. Mungkin kita akan teringat pada kisah game RPG lainnya dimana mereka berniat menyelamatkan dunia tetapi yang ini malah menghancurkan dunia. tetapi seperti layaknya RPG lainnya, tampaknya tokoh utama juga tidak mau melakukannya. Terbukti pada awal-awal dia bersalah dan panik mengetahui akibat dirinya satu desa hancur.
Kisah ini mirip seperti Xenogears dimana tokoh utama malah menjadi besserk dan menghancurkan desanya yang berujung dia pergi dari desanya untuk mencari jawaban atas semua ini.
Bila didalam Xenogears tokoh utama menaiki robot dan menemukan fakta mengejutkan keterkaitan dirinya dengan si robot. Tetapi dalam game SoD, tokoh utama justru menemukan sesuatu yang berhubungan dengan dirinya. jangan lupa kalau kisah ini juga dibuat oleh orang yang sama membuat Xenogears.

tak hanya dalam bentuk game.. Kita dapat memahami SoD dari anime
World Destruction: Sekai Bokumetsu no Rokunin (ワールド・デストラクション~世界撲滅の六人~ Wārudo Desutorakushon ~Sekai Bokumetsu no Rokunin~?, lit. "World Destruction: The Six People That Will Destroy the World") is an anime adaptation of the game. It was produced by Production I.G and began airing on July 8, 2008 in Japan. It features an opening theme titled "ZERØ" and sung by AAA, and an ending theme titled "Kaze no Kioku: To the End of the World" (風の記憶 〜to the end of the world〜?, lit. "Memory of Wind 〜to the end of the world〜") sung by Aimmy. The series features only a single season of 13 episodes. It will be distributed in North America by Funimation Entertainment in the spring of 2010.


1 jam pertama memainkan game ini, kita udah disuruh untuk melakukan pertarungan yang tidak akan dapat dimenangkan. Hal terburuk yang terjadi berikutnya adalah apabila tokoh utama yang kita kendalikan keluar dari rumah dan menuju ke tempat yang salah, seseorang yang kurang sopan akan memarahi kita karena salah jalan.
*benar2 hari yang menyebalkan*
tambahan lainnya adalah suara/dubbing versi Inggris sangatlah buruk. Itulah sebabnya saat memainkan FF4 saya memilih memakai versi undub walau merasa bersalah. utnungnya film2/adegan yang panjang ini dapat di skip dengan menekan start.

perjalanan pertama bisa dikatakan aman menuju Dungeon sampai kamu melawan musuh pertama yang merupakan semacam latihan untuk membiasakan diri memakai kontrol dari game ini. Game ini sendiri memakai sistem AP dimana km memilih aksi apa yang digunakan dan aksi itu akan menghabiskan AP yang ada (atau semacamnya?). untuk saya yg memainkan game ini pertama kali hanya dapat melakukan 2 aksi, tetapi itu sudah lebih dari cukup membantai musuh yang ada.
Berikutnya kamu harus menuju ke rumah besar yang ternyata Kyre di tangkap karena dugaan mengikuti aliran/grup berbahaya. Tetapi suara aneh menyuruhnya kabur. Dan berujung dirinya mengucapkan mantera yang membuat sekitarnya hancur. Tidak diketahui apakah desanya juga hancur? tetapi tampaknya dia cukup down mengetahui sekitarnya jadi hancur.
kemudian hadir Morte yang membantu Krye kabur. tetapi ini baru awal dari petualangan Krye untuk mengetahui rahasia dibalik kekuatan mengerikan dirinya dan apa grup yang menamakan dirinya penghancur dunia. 

Gameplay yang dipilih adalah RPG. Kelebihan RPG adalah pada awal-awal permainan dan saat meneruskan game ini, barulah hal yang kurang terlihat yaitu waktu menyelesaikannya terlihat sangat lama bahkan menyebalkan bagi beberapa orang non fans RPG. Gameplay dan sistem dalam game ini kunilai kurang karena memberikan pertempuran yang canggung, apalagi dengan sistem Aksi. Padahal kalau di RPG tua/oldsih.. biasanya kita hanya diberikan 1 gerakan saja. Sedangkan ini bisa lebih dari 2 (saat memainkan masih bisa 2 gerakan).

Dari Suara lalu kendalinya, seterusnya menuju Gameplay dan berikutnya menuju ke grafik. Grafik yang diberikan kunilai BAGUSSS, terlalu bagus malah untuk ukuranku. Tetapi untuk game semacam ini, grafik yang bagus malah untuk menutupi sesuatu yang kurang dalam game ini.

Overal saya tidak bisa menilai buruk game ini. Karena game ini memiliki isi yang cukup berat dan itu berarti memberi nilai pada saat ini sangatlah tidak bijaksana, sehingga memutuskan hanya memberi nilai sementara

Gambar 4,2/5
Suara 3,1/5
Sistem 3,6/5
Gameplay 3,2/5
Replay value 2,4/5
Kendali 3,3/5

kedepannya saya bisa memastikan akan memberi nilai lebih atau malah berkurang?

sumber: from everywhere..

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger